artikel kesehatan

dari multiply.com

 

Protein Tinggi Biji Wijen

 

Masih banyak orang yang tidak mengetahui begitu bermanfaatnya biji wijen terhadap kesehatan, padahal kualitas protein, vitamin B dan Kalsium yang dikandungnya begitu luar biasa. Setidaknya pada 100 mg biji wijen terkandung kalsium 1125 mg jika dibandingkan dengan 2 gelas susu sapi segar yang hanya mengandung 600 mg kalsium.

Biji wijen merupakan tumbuhan asal Afrika Khatulistiwa yang berada diketinggian 1000 m diatas permukaan laut. Bunga tertancap diantara kedua kalenjar, berangkai pendek dan daun berwarna ungu atau putih. Mahkota bunganya berambut dan berlendir seperti kelopaknya. Dengan bunga berbentuk tabung yang membengkok kebawah.

Seperti yang dituliskan, Myra Sidharta dan Suryatini N Ganie dalam buku “Dapur Naga di Indonesia” dituliskan buku wijen merupakan sumber asam amino esensial, yakni salah satu jenis asam amino yang harus didatangkan dari luar tubuh manusia.

Keutamaan kandungan protein pada biji wijen menjadikannya sebagai pengganti susu, telur, daging dan protein kedelai. Keutama lain, biji wijen juga mengandung substansi lain yang dikenal dengan vitamin T. Sebuah penelitian menunjukan bahwa vitamin T penting dalam mempertahankan stabilitas dan kesehatan limfa.

Menurut Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya “Tumbuhan Berkhasiat Obat Indonesia ” dituliskan Wijen juga berkhasiat untuk pencegahan,pengobatan dan perawatan. Untuk langkah preventif wijen berguna mencegah kerontokan rambut, penuaan, kanker, penyakit degenaratif, rambut beruban, stroke, hipertensi dan lain-lain.

Sementara untuk pengobatan, wijen dapat dimanfaatkan dalam mengatasi penyakit batuk, katarak, sakit perut, sakit kepala, kencing nanah, kencing manis, sembelit, rematik dan luka-luka. Untuk perawatan, wijen dapat meningkatkan fungsi liver, kecerdasan dan menghitamkan rambut.

Penggunaan wijen dengan bahan lain juga berkhasiat. Misalnya, untuk mencegah penuan, biji wijen jika dicampur dengan kacang merah kecil dan gula merah dibuat bubur atau dimakan. Bila wijen ditaburkan diatas makanan dan sayuran akan berkhasiat melancarkan asi dan mecegah rambut beruban. Kemudian untuk masalah degeneratif yang dimanfaatkan adalah minyak wijen

 

Wortel Dapat Antisipasi Stroke

Anjuran mengonsumsi wortel agar mata sehat, sering terdengar dari orang tua atau guru. Memang kandungan karoten dan vitamin A sangat baik untuk indra penglihatan. Nyatanya, wortel juga bermanfaat sebagai masker yang menghaluskan wajah hingga menurunkan risiko serangan jantung dan mencegah stroke.

Wortel yang memiliki nama latin Daucus carota L adalah jenis buah yang berasal dari negeri yang beriklim sedang (sub-tropis) dari Asia Timur Dekat dan Asia Tengah. Kandungan Karoten dan vitamin A wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Zat-zat tersebut membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah. Kekurangan vitamin A atau yang dikenal dalam istilah kedokteran sebagai Avitaminosis A dapat menyebabkan buta ayam atau rabun senja. Dengan mengkonsumsi wortel baik dalam bentuk jus, sayur atau lalapan segar dapat menjaga kesehatan mata.

Ternyata selain baik untuk mata, kandungan Beta karoten dalam wortel dapat mencegah dan mengatasi kanker, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Kandungan tinggi antioksidan karoten juga terbukti dapat memerangi efek polusi dan perokok pasif.

Selain mengandung beta karoten, wortel juga mengandung potasium tinggi yang dapat menetralkan keasaman darah pada pecandu rokok, alkohol dan obat-obatan berbahaya. Potasium juga berpotensi untuk menjinakan racun, terutama logam berat yang ditimbulkan polusi udara.

Tidak hanya umbinya saja, ternyata daun wortel juga memiliki khasita yang tak kalah hebatnya. Zat paspirine yang terkandung di daun wortel dapat merangsang kelenjar pituitary, yaitu kelenjar di bawah otak yang memberi perintah untuk melepaskan hormon seks.

Zat-zat yang terdapat pada wortel sangat dibutuhkan dalam memicu fungsi kerja kelenjar endoktrin, khususnya kelenjar adrenalin dan kelenjar kelamin, juga berkhasiat menyuburkan sistem reproduksi.

Meminum segelas sari daun wortel segar ditambah garam dan sesendok teh sari jeruk nipis berkhasiat untuk mengantisipasi pembentukan endapan dalam saluran kencing, memperkuat mata, paru-paru, jantung dan hati.

Sementara mengunyah daun wortel dapat menyembuhkan luka-luka dalam mulut dan menghilangkan napas bau, gusi berdarah dan sariawan. Mengonsumsi wortel selama tiga minggu juga menurunkan risiko serangan jantung sekitar 22 persen. Makan wortel paling sedikit lima kali setiap minggu dapat menurunkan risiko terkena stroke sebesar 68 persen.

Bagi yang sudah terserang stroke, vitamin A dapat mencegah kematian atau cacat pascastroke. Seperti diketahui, dalam setiap 100 gram wortel diketahui mengandung 12.000 S.I vitamin A.

Bagi penderita penyakit Lupus atau System Lupus Erythematosus (SLE) juga dianjurkan untuk mengkonsumsi wortel karena kandungan vitamin A, garam mineral dan karbohidrat alami yang tinggi.

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit wajah mulus, berseri dan sehat dapat menggunakan ramuan dari wortel. Ambil 1-2 wortel ukuran besar. Kemudian masak wortel dan hancurkan hingga lembut kemudian tambahkan dengan dua sendok madu. Oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air.

Masalah kulit seperti jerawat, bengkak bernanah ataupun kulit kering yang dipicu oleh diet dan kebiasaan minum alkohol, obat-obatan, dan rokok, sehingga menimbulkan kondisi asam yang tinggi dalam darah, semuanya dapat dicegah dengan rutin minum jus wortel. Siap mencoba?

 

 

Sakit Jantung & Minum Air Hangat

Tidak hanya mengenai minum air hangat setelah makan, tapi juga tentang serangan jantung. Ini masuk akal… orang Cina dan orang Jepang minum teh panas dengan makanan mereka.. bukan air dingin.. mungkin sudah waktunya kita mengadaptasi kebiasaan minum air hangat seperti mereka..Ga rugi.. malah untung..

Untuk mereka yang suka minum air dingin, artikel ini cocok untuk anda.

Memang enak untuk minum secangkir minuman dingin setelah makan. Tapi, air dingin akan mengeraskan makanan berminyak yang baru saja dimakan. Dan memperlambat pencernaan makanan. Ketika endapan ini bereaksi dengan asam lambung, endapan akan terpecah dan diserap oleh usus lebih cepat daripada makanan padat. Ini akan memenuhi usus. Sebentar saja, ini akan berubah menjadi lemak dan bisa engakibatkan kanker.

Paling baik meminum/memakan sup panas atau air hangat setelah makan. Catatan serius mengenai serangan jantung: Tidak semua gejala searngan jantung adalah sakit pada lengan kiri. Waspadalah jika ada rasa sakit yang terus menerus pada rahang.

Mungkin kita tidak akan mengalami rasa sakit dada pertama ketika terjadinya serangan jantung. Rasa mual dan keringat yang berlebihan juga adalah gejala yang umum ijumpai. 60% dari mereka yang terkena serangan jantung ketika tidur tidak terbangun.

Rasa sakit di rahang bisa membangunkan kita dari tidur nyenyak. Berhati-hatilah dan berwaspada. Semakin banyak kita tahu, semakin baik kesempatan kita untuk selamat.

Seorang ahli jantung mengatakan jika mereka yang mendapatkan email ini
mengirimkannya lagi ke 10 orang lainnya, kita bisa menyelamatkan sedikitnya 1 nyawa. Bacalah, ini bisa menyelamatkan hidup anda

 

SEMANGKA

Semangka dipercaya berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Menurut para peneliti, buah ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir dan menurut kepercayaan nenek moyang saat itu, buah ini terpakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapat nutrisi di alam baka. Dan dari sanalah semangka dibawa keliling ke negara-negara di dunia.

Hari ini, kita tahu bahwa yang sudah dikubur jelas tidak bisa lagi menikmati nutrisi semangka. Kitalah yang berhak menikmati lezatnya dan betapa bergizinya buah yang satu potongnya sama fungsinya dengan segelas air tersebut. Tapi ingat, ketika mengkonsumsi semangka, bagian hijau dekat kulitnya ialah bagian terpenting yang harus ikut anda makan selain warna merah/kuningnya saja.

Apa saja fungsi semangka?

  1. Jika anda sedang diet, maka semangka adalah teman baik anda. Buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah. Apalagi, buah yang satu ini bersifat cepat mengenyangkan didalam lambung.
  2. Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.
  3. Semangka juga mempergiat kerja jantung.
  4. Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-seltubuh tetap sehat.
  5. Semangka juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.
  6. Semangka bisa dipakai untuk menurunkan demam.
  7. Semangka bisa mencegah sariawan dengan ampuh.

Apa benar semangka adalah buah anti kanker?

Semua berawal dari likopen. Likopen salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Tapi diibandingkan antioksidan lainnya, seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh.
Radikal bebas berlangsung tak terkendali, baik karena pola makan yang kacau, polusi atau pikiran negatif, kekebalan tubuh akan menurun. Akibatnya ya berbagai macam penyakit dan kulit tubuhpun menjadi kering, suram, dan kendur. Dengan likopen yang terdapat dalam semangka, radikal bebas bisa langsung
lumpuh!
Likopen inilah yang mampu menumpas bibit kanker. Banyak makan semangka, bahkan setiap hari pun tak masalah, justru dapat menyusutkan risiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita. Terhadap kanker pencernaan,likopen semangka mampu mencegahnya hingga risikonya berkurang separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus. Begitu pula dengan kanker prostat. Wah! Selain itu, likopen berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda. Bagi lansia, semangka tidak hanya membantu
memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

Semangka disebut BUAH KUAT untuk pria, benarkah??
Likopen dalam semangka juga menyumbangkan kasiat khusus untuk pria menikah.Buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria. Bagi mereka yang rindu punya keturunan, buah ini juga bisa sangat membantu. Percaya atau tidak, penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam semangka, memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi sama sekali tanpa efek samping. Mau coba?
Semangka lokal berbiji, semangka tanpa biji, semangka kuning, semangka merah, semangka impor, semangka bulat, semangka lonjong, atau varietas yang manapun itu, semangka tetap buah unggul dan berkhasiat tinggi! Jadikan buah ini sebagai kado cinta anda untuk keluarga. Aman dinikmati seberapa pun anda suka dan segarnya pun tiada tara.

Olahraga Untuk Yang Gemuk

Orang gemuk secara definisi adalah orang yang memiliki kadar lemak dalam tubuh melebihi 30%. Dengan jumlah lemak yang banyak dalam tubuhnya, individu yang gemuk perlu sesegera mungkin memilih dan meluangkan waktu untuk aktivitas yang bisa secara langsung membakar lemak yang tersimpan tersebut. Lalu aktivitas pembakaran lemak seperti apa yang paling baik untuk dilakukan oleh individu gemuk? Menurut para ahli, jenis olahraga yang paling cocok untuk individu gemuk adalah olahraga cardiovaskuler atau yang lebih dikenal sebagai kegiatan aerobik.

Kegiatan aerobik adalah satu-satunya olahraga yang membakar lemak saat aktivitas tersebut dilakukan. Namun jangan terlebih dahulu lemas mendengar solusi ini karena mengira kegiatan aerobik adalah mengikuti senam aerobik yang diiringi musik dalam suatu ruangan atau studio penuh kaca. Kegiatan aerobik lebih dari sekedar kegiatan senam bersama. Aktivitas aerobik meliputi segala jenis olah tubuh yang menggunakan oksigen dalam jumlah tinggi. Naik turun tangga, berenang, bersepeda, berjalan kaki, jogging adalah kegiatan yang bersifat aerobik dan mendukung pembakaran lemak.

Tapi hal ini bukan berarti pada langkah pertama berjalan, atau pada kayuhan sepeda pertama orang yang bertubuh gemuk sudah langsung membakar lemak dalam tubuh. Kegiatan membakar lemak tersebut perlu dilakukan dalam suatu target detak jantung tertentu untuk kurun waktu 45 hingga 60 menit agar lemak yang ada di dalam tubuh bisa mulai terbakar. Cara sederhananya adalah, dan ini agar diperhatikan atau dicatat rumusnya agar Anda bisa menghitung sendiri target detak nadi masing-masing.

Kurangi 220 dengan umur sekarang, lalu kalikan hasil yang didapatkan dengan 50%. Contoh untuk individu berusia 40 tahun maka kalkulasinya adalah sebagai berikut: 220 dikurang 40, dan kita akan mendapatkan hasilnya 180. Lalu kalikan 180 tadi dengan 50%, dan kita akan mendapatkan angka 90. Angka 90 tersebut adalah jumlah detak jantung per menit yang perlu di capai selama 45 hingga 60 menit berolahraga. Apabila Anda orang yang berusia 40 tahun dan masuk dalam kategori memiliki kadar lemak yang tinggi, maka Anda perlu mencapai 90 detak jantung per menit selama 45 hingga 60 menit Anda berolahraga. Saat itulah tubuh Anda akan melepaskan sel-sel lemak dalam kantung-kantung lemak sebagai sumber tenaga. Jadi untuk berolahraga, intinya adalah untuk memilih salah satu kegiatan olahraga yang kita sukai, lakukanlah selama 45 hingga 60 menit per sesi latihan hingga mencapai target detak jantung, dan cukup memulai dengan 3 sesi latihan per minggu.

Lalu bagaimana dengan latihan beban? Latihan beban untuk sementara ini bukan menjadi prioritas latihan bagi individu-individu yang gemuk. Sehingga bisa dilakukan sebagai aktivitas sekunder dan menjadi tambahan olahraga di samping yang utamanya, olahraga aerobik itu sendiri.

Ingatlah bahwa orang yang memiliki tubuh gemuk tidak mungkin bisa membakar lemak apabila dirinya tidak melakukan aktivitas yang baru saja dianjurkan tersebut. Hanya melalui aktivitas aerobiklah dirinya bisa mulai melepaskan belenggu lemak yang selama ini menumpuk. Bersabarlah dalam membakar lemak-lemak dalam tubuh, karena bahkan untuk menumpuk lemak juga perlu waktu. Dan yang pasti, konsultasikan dan cek dahulu kesehatan ke dokter sebelum memulai program latihan apapun.

 

Menghilangkan Letih, Lemah, & Lesu

Letih, lemah, dan lesu (3L) umumnya disebabkan oleh stress pikiran dan pekerjaan, sehingga pada akhir hari tubuh sudah tidak bergairah untuk melakukan aktivitas apapun kecuali makan, mandi, dan tidur. Kalau sudah begini, bagaimana mungkin ada tenaga dan waktu untuk berolahraga?

Letih, lemah, dan lesu (3L) adalah tanda tubuh yang:

  • Kurang sehat
  • Berdaya tahan lemah
  • Kurang istirahat

Kalau kita perhatikan, aktivitas harian kita umumnya tidak melibatkan pembakaran kalori yang tinggi sehingga sebenarnya tidak banyak aktivitas fisik yang terjadi: duduk di kantor seharian, meeting, bepergian dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi, makan, dan mandi. That’s it! Bahkan saking kecilnya aktivitas yang kita lakoni, tubuh bisa menimbun tabungan energi dalam bentuk LEMAK.

Berikut adalah kiat-kiat untuk menghilangkan 3L:

  1. Paksakan diri untuk berolahraga, tujuannya adalah untuk menggunakan timbunan tabungan energi tersebut agar tubuh tidak masuk ke dalam pusaran ancaman penyakit degeneratif (diabetes, jantung, stroke, dan kanker). Sesuai kata Pak Andrie Wongso, dibutuhkan 21 hari untuk bisa merubah suatu kebiasaan buruk. Now is your turn!
  2. Tentukan dan taati waktu tidur dan bangun yang konsisten. Kurang tidur adalah salah satu penyebab utama penuaan dini.
  3. Makan lebih banyak sayuran untuk dukungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang membuat darah menjadi lebih basa daripada asam. Darah yang asam adalah salah satu penyebab tubuh yang sakit.
  4. Makan teratur, 3x sehari di tambah 2 sendok Shapework boleh juga dengan jus buah, salad, atau susu rendah lemak. Makan tidak teratur adalah salah satu penyebab utama sakit maag, gula darah tidak terkendali yang berujung pada diabetes, dan terganggunya seluruh sistem pencernaan.

 

Obesitas pada Anak

Lucu dan menggemaskan. Demikian komentar awal banyak orang saat melihat anak kecil yang gemuk. Sayangnya, kegemukan atau obesitas ternyata dapat membahayakan. Hal yang menggemaskan tersebut ternyata semakin mencemaskan. Prevalensi overweight dan obesitas pada anak meningkat secara dramatis, baik di negara maju maupoun di negara berkembang.
Obesitas atau kegemukan diartikan sebagai penimbunan jaringan lemak tubuh secara berlebihan. Secara klinis obesitas secara mudah dapat dikenali karena mempunyai tanda dan gejala yang khas antara lain wajah membulat, pipi tembem, dagu rangkap, leher relatif pendek, dada yang menggembung dengan payudara yang membesar mengandung jaringan lemak, perut membuncit dan dinding perut berlipat-lipat serta kedua tungkai umumnya berbentuk X dengan kedua pangkal paha bagian dalam saling menempel dan menyebabkan lecet. Pada anak laki penis tampak kecil karena terkubur dalam jaringan lemak suprapubik. Hal ini seringkali menyebabkan orang tua menjadi sangat khawatir dan segera membawanya ke dokter. Obesitas mempunyai dampak terhadap tumbuh kembang anak dan berpotensi mengalami berbagai penyebab kesakitan dan kematian antara lain penyakit kardiovaskuler, dilipidemia, hipertensi, DM dsb.

Selanjutnya, ada bukti tentang kecenderungan obesitas anak yang melanjut sampai dewasa dengan segala komplikasinya. Kontribusi faktor genetik dan lingkungan juga berperan besar dalam pembentukan sel lemak Obesitas juga terkait dengan pemberian makanan padat bayi secara dini. Sedihnya, banyak orang tua masih berpendapat bahwa anak gemuk itu lucu dan ceria yang artikan pasti sehat.

Dampak obesitas dapat terjadi dalam jangka pendek maupun jangka panjang, misalnya:

  1. gangguan psikososial, rasa rendah diri, depresif dan menarik diri dari lingkungan. Hal ini karena anak obese sering menjadi bahan olok-olokan teman main dan teman sekolah. Dapat pula karena ketidakmampuan untuk melaksanakan suatu tugas/kegiatan terutama olahraga akibat adanya hambatan pergerakan oleh kegemukannya.

 

  1. pertumbuhan fisik/linier yang lebih cepat dan usia tulang yang lebih lanjut dibanding usia biologinya.

 

  1. masalah ortopedi akibat beban tubuh yang terlalu berat: slipped capital femoral epiphysis.

 

  1. gangguan pernapasan: infeksi saluran napas, tidur ngorok, sering mengantuk siang hari.

 

  1. gangguan endokrin: menars lebih cepat terjadi.

Pengukuran obesitas yang sering dipakai secara klinis adalah pengukuran antropometri seperti indeks massa tubuh (IMT), dan BB menurut TB (BB/TB).
NCHS persentil 85: overweigth (gizi lebih)
NCHS persentil 95: obesitas

Umumnya terdapat 3 faktor yang berpengaruh terhadap berkembangnya obesitas yaitu: faktor genetik, lingkungan, dan neuro.
Segala sesuatu yang berlebihan –termasuk obesitas— memang tidak bagus. Tak heran bila ktidaksehatan perusahaan maupun birokrasi pemerintahan juga sering dianalogikan dengan kelebihan lemak yang perlu dibenahi.

Disarikan dari Narasumber: Dr. Frida Hartono, SpA
RS HUSADA Jakarta

 

 

Sarapan Yuk

Apakah Anda sudah sarapan pagi dengan benar???

Sebagian besar orang makan berdasarkan keinginan mata mereka. Atau dengan kata lain mata mereka menentukan apakah mereka perlu makan dan makanan apa yang seharusnya dimakan.
Padahal kenyataannya, mata sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Tapi Pankreas lah yang mengatur semuanya! Pankreas adalah organ di badan kita yang memproduksi Gastric Juice dan Insulin.

Apakah Anda Tahu????
Badan kita terdiri dari jutaan sel dan membutuhkan 114 macam nutrisi yang
berbeda-beda. Dan itu harus kita penuhi!
Badan kita bangun di pagi hari dan menuntut berbagai macam nutrisi dan.makanan
apa yang kita berikan kepada tubuh kita di pagi hari????

Sarapan Karbohidrat
Di pagi hari, karbohidrat simple (cereal olahan, roti putih, roti panggang, nasi) akan
menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan badan
melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat
kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat.
Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini
memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama
penyebab Diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

Tidak Sarapan
Saat Anda tidak sarapan, gula darah Anda akan turun/drop di bawah tingkat normal.
Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan kembali
mengonsumsi karbohidrat simple untuk mendapatkan peningkatan kadar gula
dengan cepat untuk mengatasi rasa lapar dan penurunan energi yang Anda alami.
Karbohidrat simple ini akan menyebabkan kenaikan level kadar gula dalam darah
secara mendadak yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang
cukup besar. Insulin akan mengambil kelebihan gula dalam darah dan merubahnya
menjadi lemak. Hasilnya adalah penurunan kadar gula dalam darah dan keinginan
untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari.
Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan
memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes,
tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

Sarapan Berdasarkan Protein
Sarapan seperti ini akan mensuplai badan kita dengan nutrisi penting dan energi tanpa
meningkatkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin. Sarapan pagi seperti ini akan
menghindarikan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari.
Dengan cara ini nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan makanan
berkarbohidrat (cemilan, coklat, kue, junk food, soft drink, nasi dan mie)
akan berkurang. Sebagai hasilnya badan akan menggunakan kelebihan lemak
yang tersimpan dalam tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi.

Apa Kriteria Sarapan pagi yang Baik?
Memberikan tubuh kita semua nutrisi yang penting
Memberikan tubuh kita untuk energi yang baik sepanjang hari
Memberikan tubuh kita asupan air yang baik
Membantu menjaga tingkat kadar gula dalam darah kita tetap normal

Untuk Sarapan Anda, kami merekomendasikan program sarapan sehat dari
Shapeworks yang kaya akan protein. Terdiri dari 3 program yang akan membantu Anda
dalam mencukupi Asupan Nutrisi Anda.

 

Langsing Yuk

Langsing Yuk  !!!

Sebagian orang ingin bertubuh Langsing karena faktor kesehatan dan yang lainnya memiliki alasan estetika, yaitu ingin merubah penampilan. Bagaimana dengan impian anda?
Ingin kedua-duanya? Sehat dan berpenampilan menarik?

3. Rahasia Langisng
1.Nutrisi Yang Seimbang.
MENGAPA sangat sulit untuk menurunkan & menjaga berat badan? Untuk saat ini,
mungkin tubuh Anda belum menemukan cara yang tepat untuk melakukan diet yang
dapat menurunkan berat badan sekaligus tetap sehat secara bersamaan.

Asupan Nutrisi yang seimbang adalah inti penurunan berat badan Anda. Masalahnya,
tidak mudah untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang. Anda pasti akan direpotkan
jika harus menanam sendiri makanan anda, hidup di kawasan tanpa polusi dan
memasak sendiri semua makanan berdasarkan apa yang dibutuhkan tubuh Anda
setiap hari.

Apa yang akan saya lakukan adalah – saya akan merekomendasikankan pada Anda
suatu program yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, saat Anda
mulai program. Nutrisi ini telah digunakan lebih dari 26 tahun di 63 negara.

2.Gaya Hidup Aktif
Anda harus menjadi orang yang aktif, bahkan LEBIH AKTIF! Alasannya,
badan Anda akan membakar kalori lebih banyak sehingga Anda akan mencapai
berat badan ideal lebih cepat.

intinya Anda harus banyak bergerak!
Tentunya, jika anda suka berolah raga atau pergi ke gym, akan lebih baik. Dengan
catatan anda harus membuat olahraga anda menjadi sebuah gaya hidup seterusnya,
bukan hanya dilakukan 1-2 bulan saja. Ingatlah, semuanya adalah masalah HABIT!
Lakukan sesuatu yang bisa anda kerja dengan konsisten.

3.Memperbaiki Pola Makan Anda.
memilih makanan yang perlu anda makan dan yang tidak seharusnya tidak anda
makan adalah pekerjaan yang sangat rumit. Ditambah lagi jika anda harus
menghitung kalori yang masuk atau terkandung di dalam suatu makanan.
Singkatnya – Ini betul-betul tidak menyenangkan.

Tapi tentunya saya akan ajarkan suatu panduan sederhana dimana semua orang
bisa melakukannya dengan simple tanpa membuang waktu mereka dalam
menghitung-hitung kalori.

Ini adalah panduannya :
Kurangi Racun Putih, Apa kita makan racun? Ya. Tapi bukan yang langsung
membunuh Anda. Beberapa contohnya adalah nasi, gula, garam, karbohidrat
yang buruk seperti tepung, roti, mie dan pasta. Dan yang saya maksudkan
bukan menghilangkan makanan itu sama sekali, namun kurangi saja porsinya.
Perbanyak Makan Buah Dan Sayuran,  sayuran adalah sumber protein yang
baik.
Perbanyak Protein, Seperti tahu, tempe, putih telur, daging dada ayam, ikan.
Kurangi daging sapi, kambing dan babi. Protein akan membantu anda merasa
kenyang lebih lama dan akan membentuk otot yang akan meningkatkan
metabolisme Anda.
Stop Alkohol dan Merokok

Nah,… simple kan? Jadi usahakan makanan Anda sehari-hari harus memiliki komposisi
diatas.Tantangan no. 1 anda adalah menemukan nutrisi yang tepat untuk badan Anda.
Dalam informasi ini saya akan sarankan suatu program nutrisi yang saya gunakan
secara pribadi bersama keluarga saya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Diet Bagi Penderita Kencing Manis

Tujuan Diet:

  • Menurunkan kadar gula darah atau gula dalam urine mendekati normal / atau menjadi negatif
  • Mencegah terjadinya komplikasi
  • Mencapai berat badan ideal/normal
  • Mewujudkan rasa sehat dan nyaman

Makanan yang dilarang:

  • Gula pasir/gula merah
  • Makanan olahan dari gula murni
  • Makanan olahan dari tepung
  • Buah kaleng
  • Abon

Makanan yang perlu dibatasi:

  • Sumber karbohidrat kompleks, sumber lemak jenuh, sumber lemak tak jenuh
  • Buah: sawo, rambutan, durian, anggur, kelengkeng.
  • Sayur: bayam, biet, buncis, daun singkong, daun pepaya, pare, jantung pisang, kucai, wortel, daun katuk, labu siam, nangka.

Makanan yang dianjurkan:

  • Makan teratur
  • Makan sayur yang tidak dibatasi
  • Makan buah yang tidak dibatasi

Saran:

  • Olahraga teratur minimal 3x seminggu selama 30 menit. Makan teratur dengan jumlah atau pembagian makan sesuai anjuran.
  • Shake
  • Fiber
  • Aloe
Hubungan Sarapan dan Obesitas

JUMLAH penderita obesitas di Indonesia terus bertambah dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Susenas tahun 1989, prevalensi obesitas di Indonesia adalah 1,1 persen dan 0,7 persen, masing-masing untuk kota dan desa. Angka tersebut meningkat hampir lima kali menjadi 5,3 persen dan 4,3 persen pada tahun 1999.

Hasil pemantauan masalah gizi lebih pada dewasa yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan tahun 1997 menunjukkan, prevalensi obesitas pada orang dewasa adalah 2,5 persen (pria) dan 5,9 persen (wanita). Prevalensi obesitas tertinggi terjadi pada kelompok wanita berumur 41-55 tahun (9,2 persen). Saat ini diperkirakan 10 dari setiap 100 penduduk Jakarta menderita obesitas. Bertambahnya jumlah orang gemuk juga diindikasikan dengan maraknya pusat-pusat kebugaran yang menjanjikan penurunan berat badan. Selain itu, hampir setiap hari kita melihat di layar televisi atau membaca di surat kabar tentang iklan berbagai produk penurun berat badan.

Kalau kita mencari buku di situs Amazon.com (toko buku elektronik terbesar di dunia), dengan menggunakan “weight loss” sebagai kata kunci, ada lebih dari 1.800 judul buku yang menjanjikan penurunan berat badan. Atau, kalau kita gunakan kata kunci yang sama pada salah satu search engine, kita akan menemukan lebih dari 3 juta informasi yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

Meskipun jumlah orang yang menjalani diet atau melakukan senam kebugaran bertambah, jumlah penderita kegemukan terus meningkat. Banyak orang, walaupun sudah berusaha keras menurunkannya, tidak mendapatkan berat badan yang diharapkan. Pertanyaannya kemudian adalah, adakah cara yang nyaman untuk mencegah kegemukan dan obesitas?

Risiko obesitas

Hasil penelitian terbaru mengungkapkan, sarapan secara teratur dapat menurunkan risiko obesitas. Para peneliti dari Divisi Kedokteran Pencegahan Fakultas Kedokteran Universitas Massachusetts membuktikan bahwa pola makan ¾ frekuensi makan dan kebiasaan sarapan ¾ berkaitan erat dengan risiko menderita obesitas. Mereka juga menemukan bahwa makin sering mengonsumsi makanan, makin kecil risiko menderita obesitas.

Temuan ini agaknya bertolak belakang dengan pendapat umum yang selama ini berlaku. Bukankah makin sering mengonsumsi makanan mengakibatkan makin banyak energi atau lemak yang dimasukkan ke dalam tubuh dan karena itu makin banyak yang disimpan sebagai lemak?

Melalui publikasinya pada American Journal of Epidemiology edisi Agustus 2003, tim peneliti tersebut mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan sampai dengan tiga kali per hari berisiko menderita obesitas 45 persen lebih tinggi daripada orang yang mengonsumsi makanan empat kali atau lebih.

Mengapa demikian? Frekuensi makan yang rendah berkaitan dengan sekresi insulin yang tinggi. Insulin dapat berperan sebagai penghambat enzim lipase ¾ enzim yang memecah lemak. Makin banyak insulin yang disekresikan, makin besar hambatan pada aktivitas enzim lipase. Akibatnya, makin banyak lemak yang ditimbun di dalam tubuh.

Temuan kedua adalah kebiasaan sarapan secara teratur menurunkan risiko menderita obesitas. Orang yang tidak pernah sarapan ¾ mengonsumsi makanan pada pagi hari ¾ berisiko menderita obesitas 4,5 kali lebih tinggi daripada orang yang sarapan secara teratur. Para peneliti juga menemukan bahwa asupan energi cenderung meningkat ketika sarapan dilewatkan.

Yunseng Ma, ketua tim peneliti tersebut, mengemukakan, orang yang tidak sarapan merasa lebih lapar pada siang dan malam hari daripada mereka yang sarapan. Mereka akan mengonsumsi lebih banyak makanan pada waktu siang dan malam hari. Asupan makanan yang banyak pada malam hari akan berakibat pada meningkatnya glukosa yang disimpan sebagai glikogen. Karena aktivitas fisik pada malam hari sangat rendah, glikogen kemudian disimpan dalam bentuk lemak. Penelitian pada hewan juga menunjukkan, hewan yang tidak diberi makan pada pagi hari cenderung mengonsumsi makanan secara berlebihan pada siang dan malam hari.

Asupan pangan

Publikasi terbaru pada Journal of Nutrition terbitan Januari 2004 yang berjudul The Time of Day of Food Intake Influences Overall Intake in Humans mendukung temuan Yunseng Ma dan koleganya. Penelitian yang dilakukan oleh John M de Castro, peneliti dari Departemen Psikologi Universitas Texas, mengungkapkan, ritme Circadian mempengaruhi asupan pangan. (Ritme circadian ¾ Latin: circa diam yang berarti kira-kira sehari ¾ adalah irama biologis yang mengatur respons tubuh terhadap perubahan lingkungan. Tubuh kita memiliki “jam biologis” yang mengingatkan kita untuk tidur, bangun, dan makan; mengeluarkan enzim pencernaan; mengatur tingkat kewaspadaan; mengatur pola pengeluaran hormon; dan lain-lain. Apabila irama tersebut mengikuti siklus siang-malam, hal itu disebut ritme diurnal).

Melalui penelitiannya pada 375 pria dan 496 wanita, Castro menemukan bahwa proporsi asupan pangan pagi hari berkorelasi negatif dengan asupan pangan total selama satu hari. Ini berarti, sarapan pagi menurunkan asupan pangan dan energi total.

Menurut Castro, ada dua penjelasan yang memungkinkan hal tersebut terjadi.

Pertama, melewati pagi hari tanpa sarapan mengakibatkan perubahan pada ritme, pola, dan siklus waktu makan. Orang cenderung lebih banyak makan pada siang dan malam hari apabila mereka tidak sarapan. Penjelasan kedua, yang juga berkaitan dengan penjelasan pertama, adalah makanan pada pagi hari lebih mengenyangkan daripada makanan pada siang dan malam hari. Sarapan pagi berperan mengurangi rasa lapar pada siang dan malam hari. Akibatnya, kita akan lebih sedikit mengonsumsi pangan pada siang dan malam hari.

 

 

Obesitas di Usia Dini Dan Solusinya

Obesitas merupakan masalah yang akhir-akhir ini sering menjadi pembicaraan masyarakat, terutama orang dewasa. Masalah ini selalu menjadi pembicaraan yang menarik buat orang dewasa terutama wanita, karena obesitas akan sangat mengganggu penampilan. Namun, dewasa ini, obesitas tidak hanya mengusik tidur kaum wanita saja, tetapi juga pria, terutama para pria yang mendapat julukan ‘metroseksual’, yaitu pria yang selalu menomor-satukan penampilan. Di zaman modern ini, hal yang demikian sangat lumrah, tidak hanya wanita, para pria pun sibuk mengontrol berat badan mereka, apakah melebihi standard atau tidak. Namun, bagaimana halnya dengan anak-anak? Apakah obesitas berbahaya apabila dialami oleh anak-anak?

Kebanyakan orang tua pada zaman sekarang ini selalu merasa resah ketika melihat anak mereka kurus dan beranggapan bahwa anak mereka kurang sehat. Apakah benar seperti itu? Pendapat itu sebagian ada benarnya, namun ada tidak benarnya juga. Sehat atau tidaknya seorang anak tidak dapat diukur dari kurus atau tidaknya dia. Memang, kebanyakan anak yang kurus adalah anak yang kurang sehat. Namun, anak yang gemuk juga bukan berarti anak yang sehat. Karena, kegemukan ini pada akhirnya dapat mengakibatkan obesitas pada usia dini apabila pola makan pada anak tidak terkontrol. Dan itulah yang saat ini sering menjadi perbincangan para orang tua yang merasa resah melihat anak mereka semakin hari semakin bertambah berat badannya.

Menurut laporan reporter BBC, dikatakan bahwa hampir sepertiga anak di Inggris telah terjangkit obesitas. Hal ini amat meresahkan salah satu badan kesehatan nasional – The National Institute for health and Clinical Excellence (NICE). Untuk mengatasinya, mereka telah membuat sejumlah draft tentang bagaimana mencegah dan menanggulangi obesitas yang terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Kebanyakan pakar kesehatan mengatakan bahwa ‘operasi’ merupakan cara terakhir untuk menanggulangi obesitas, baik untuk orang dewasa ataupun pada anak. Tetapi, ‘operasi’ ini hanya bisa dilakukan pada anak di atas 16 tahun.

NICE mengatakan bahwa pengobatan ataupun tindakan operasi untuk mengatasi obesitas pada anak ini hanya dilakukan apabila anak tersebut telah atau hampir mencapai batas obesitasnya orang dewasa yang bisa membahayakan kesehatan mereka. Penanggulangan dengan menggunakan obat-obatan hanya dapat dilakukan pada anak di atas 12 tahun dan hanay seorang spesialis yang dapat memberikannya.

Dr. Ian Campbell, seorang spesialis di Nottingham mengatakan bahwa pengobatan ataupun operasi adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi masalah obesitas pada anak. Dia mengatakan bahwa kebanyakan dari anak tersebut dapat menderita diabetes dan gagal jantung karena obesitas yang dideritanya. Namun walaupun demikian, ‘operasi’ hanya dijadikan pilihan akhir apabila penyembuhan dengan obat-obatan sudah tidak berguna lagi. Ia juga mengatakan bahwa ada seorang anak di Sheffield dan Glasgow telah melakukan operasi ini. Namun, ia mengatakan operasi dan pengobatan untuk mengatasi obesitas pada anak hanya dilakukan apabila sudah tidak ada treatment lain.

NICE juga menambahkan, cara yang paling efektif untuk mencegah obesitas pada anak adalah dengan pengawasan orang tua. Orang tua memegang peranan penting akan masalah ini. Selain itu NICE juga menambahkan bahwa sarana formal seperti institusi pendidikan juga mempunyai peranan. Sekolah diharapkan mampu memberikan penyuluhan tentang bahaya obesitas dan cara pencegahannya, misalnya saja dengan melakukan olah raga ataupun latihan-latihan fisik lainnya.

Dari penjabaran yang telah dijelaskan di atas, dapat dilihat bahwa gemuk atau tidaknya seorang anak bukan menjadi ukuran kesehatannya, karena bisa jadi tanpa kita sadari mereka telah melampaui batas berat normal dan mengarah kepada obesitas. Hal ini dapat dijadikan acuan bagi para orang tua agar selalu memperhatikan pola makan anak sehingga obesitas tidak terjadi pada anak-anak mereka baik dari segi kuantitas ataupun kualitas makanannya, karena obesitas bukan hanya diakibatkan makan berlebihan tetapi juga jenis makanannya. Jadi, hal ini berpulang kepada diri masing-masing, apakah anda akan mengontrol pola makan anda dan keluarga anda atau tidak. Tetapi, bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati? It’s up to you.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Turun Berat Badan

Program

Paket produk yang dirancang untuk menurunkan berat badan secara sehat dengan menyediakan paket makanan bernutrisi lengkap dan seimbang antara lain Protein, Serat, vitamin & mineral alami namun rendah kalori & lemak yang siap mengantar Anda beraktifitas dengan tetap Slim & Fit sepanjang hari

Pilihlah Paket produk yang sesuai dengan budget Anda, Kami menjamin kepuasan Anda jika konsisten dan disiplin dalam menjalankan program, kami selalu siap membantu Anda..!

HERBALIFE Basic Pack-1

Terdiri dari :

  • 1 Nutritional Shake Mix
  • 1 Fiber

Aturan Pakai :
1. Minum Fiber & Herbs 3 x 1-2 per-hari
2. Masukkan 2 sendok makan Shake kedalam 250 ml air putih biasa/dingin, kemudian kocok/Blender (jangan diaduk krn tidak akan merata/menggumpal) diminum sebagai pengganti makan pagi dan makan malam (dapat dicampur dengan buah2an)

HERBALIFE Basic Pack-2

Terdiri dari :

  • 1 Nutritional Shake Mix
  • 1 Fiber & Herbs
  • 1 Personalized Protein Powder (PPP)

Aturan Pakai :
1. Minum Fiber & Herbs 3 x 1-2 per-hari
2. Masukkan 1 Sendok makan PPP & 2 sendok makan Shake kedalam 250ml air putih biasa/dingin, kemudian kocok/Blender (jangan diaduk krn tidak akan merata/menggumpal) diminum sebagai pengganti makan pagi dan makan malam (dapat dicampur dengan buah2an)

HERBALIFE Advance Pack-1

Terdiri dari :

  • 1 Nutritional Shake Mix
  • 1 Fiber & Herbs
  • 1 Personalized Protein Powder (PPP)
  • 1 Multivitamin Complex
  • 1 Nutrition Activator

Aturan Pakai :
1. Minum Fiber & Herbs 3 x 1-2 per-hari (sebelum makan)
2. Minum Multivitamin & Nutrition Activator 3 x 1 tablet/kapsul
3. Masukkan 1 Sendok makan PPP & 2 sendok makan Shake kedalam 250ml air putih biasa/dingin, kemudian kocok/Blender (jangan diaduk krn tidak akan merata/menggumpal) diminum sebagai pengganti makan pagi dan makan malam (dapat dicampur dengan buah2an)

HERBALIFE Advance Pack-2

Terdiri dari :

  • 1 Nutritional Shake Mix
  • 1 Fiber & Herbs
  • 1 Personalized Protein Powder (PPP)
  • 1 Multivitamin Complex
  • 1 Nutrition Activator
  • 1 Lipo-Bond
  • 1 Cell-U-Loss

Aturan Pakai :
1. Minum Fiber & Herbs 3 x 1-2 per-hari (sebelum makan)
2. Minum Tablet & Kapsul 3 x 1 tablet/kapsul
3. Masukkan 1 Sendok makan PPP & 2 sendok makan Shake kedalam 250ml air putih biasa/dingin, kemudian kocok/Blender (jangan diaduk krn tidak akan merata/menggumpal) diminum sebagai pengganti makan pagi dan makan malam (dapat dicampur dengan buah2an)

HERBALIFE Ultimate Pack

Terdiri dari :

  • 1 Nutritional Shake Mix
  • 1 Fiber & Herbs Rp.
  • 1 Personalized Protein Powder (PPP)
  • 1 Multivitamin Complex
  • 1 Nutrition Activator
  • 1 Lipo-Bond
  • 1 Cell-U-Loss
  • 1 Herbal Aloe
  • 1 Herbal Concentrate
  • 1 NRG Instant Tea

 

 

Naik Berat Badan
Paket produk untuk meningkatkan berat badan hampir sama dengan paket dengan paket turun berat badan, hanya dalam aturan pakai untuk meningkatkan berat badan makan tetap 3x sehari ditambah 2x Shake setelah makan.

Kesehatan Jantung

HERBALIFELINE

Mengandung asam lemak Omega 3 yang baik untuk kesehatan Jantung/Kardiovaskular, Asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam lemak docosahexaeonic (DHA) juga baik untuk kesehatan otak.
Membantu menjaga kesehatan trigliserin pada tingkat normal
Membantu mengatasi masalah persendian
Membantu proses pembentukan kekebalan tubuh dan penyembuhan luka

Aturan pakai :
Minum 3 x 1-2 kapsul setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung dan peredaran darah otak anda.

 

Kesehatan Pencernaan
Herbal Aloe Concentrate & Fiber-Herbs

  • Menunjang sistem pencernaan yang sehat
  • Memberikan cukup serat bila tidak sempat makan sayur
  • Membersihkan dan melembutkan daerah-daerah pencernaan
  • Baik untuk kesehatan Maag, sariawan & membantu mengatasi jerawat

Aturan Pakai :
Masukkan 1 tutup botol Herbal Aloe & 1/2 sendok Teh kedalam 300 ml air putih dicampur dan diminum setelah makan/ngemil kapanpun & dimanapun Anda beraktifitas untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

 

 

 

 

 

 

 

Fit dan Energi

Disamping mengkonsumsi Herbalife Pack, NRG Guarana digabung dengan Herbal Concentrate dapat menjadi pelengkap untuk membantu menjaga tingkat energi diwaktu-waktu beraktifitas anda sehari-hari.

Aturan pakai :
Masukkan 1 sendok Herbal Concentrate & N-R-G Instant Tea kedalam 300ml air putih panas/dingin, dapat diminum disaat-saat beraktifitas Anda.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: