5 Manfaat Makanan Pedas

5 Manfaat Makanan Pedas

Makana pedas tak selalu diartikan sebagai makanan yang diolah dengan cabai. Rasa pedas juga bisa didapatkan dari merica, lada hitam, kunyit, dan berbagai bumbu dapur lain.

Bagaimana jika anda tidak menyukai makanan pedas? Anda masih bisa mendapatkan manfaat kesehatan dengan menambahkan bumbu-bumbu yang mengandung seng ke dalam menu makanan anda. Misalnya, masukkan jahe yang sudah digeprek di dalam teh. Atau buat udang dengan bumbu jinten dan ketumbar yang ditumis di dalam kuali. Bisa juga menambahkan taburan bubuk cabai ke dalam kari ayam yang anda buat.

Anda yang menyukai makanan pedas boleh merasa senang karena rasa pedas ini mempunyai banyak manfaat kesehatan. Misalnya, seperti telah disebutkan sebelumya, makanan pedas bisa menguruskan badan. Namun itu hanya salah satu contohnya saja. Coba lihat manfaat lain yang belum anda ketahui:

  1. Menurunkan berat badan

Siapapun pasti setuju, makanan apapun diberi sambal pasti akan menggugah selera. Bila anda mau, makanan diet anda pun bisa diberi cocolan sambal. Kalau hal ini bisa membuat anda tertib menyantap makanan sehat dengan lebih berselera, kenapa tidak? Lagipula rasa pedas itu bisa meningkatkan metabolisme anda. Studi menunjukkan bahwa senyawa utama dalam cabai, yaitu kapsaisin memiliki efek termogenik yang bisa menyebabkan tubuh membakar kalori saat mengunyah selama 20 menit.

  1. Menyehatkan jantung

Hasil studi juga menunjukkan, budaya mengonsumsi makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Alasannya, cabai merah bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat. Sedangkan kapsaisin bisa melawan peradangan. Keduanya merupakan faktor risiko untuk masalah jantung.

  1. Mencegah kanker

Menurut American Assosiation for Cancer Research, kapsaisin juga memiliki kemampuan membunuh beberapa sel kanker dan leukimia. Sedangkan kunyit yang dijadikan bumbu kari dan mustar bisa memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor. “ Bumbu ini punya efek yang sama pada tubuh seperti yang dilakukan obat-obatan kanker.” Kata Gregory A Plotnikoff MD, konsultan senior untuk inovasi perawatan kesehatan di Allina Hospitals and Clinics di Minessota, Amerika Serikat. Bila ingin hasil maksimal, kombinasikan dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2000% lebih banyak.

  1. Menurunkan tekanan darah

Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi hal ini menghasilkan sistem kardiovaskuler yang lebih kuat.

  1. Mengurangi stress

Makanan pedas meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa menyenangkan, seperti serotonin. Hasilnya, makanan ini membantu mengusir depresi dan stress.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: