Metode Riset

Judul : ANALISIS ANTRIAN PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PASAR MINGGU

Nama Pengarang : Achmad Ibni

Tahun : Sidang 2008 Penyerahan 2011

Tema : Antrian

 

Latar Belakang Masalah

  1. Fenomena :

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata antrian,bahkan kita merupakan bagian dari antrian tersebut. Antrian tidak hanya berupa orang  tetapi  juga bisa berupa barang sampai-sampai banyak orang yang jenuh dan lelah menunggu sampai kapan kita akan bisa dilayani oleh pihak bank tersebut. Maka dari itu pihak dari nasabah banyak yang mencari waktu luang atau hari-hari yang tidak terlalu padat oleh nasabah lain.

Pada bank terdapat beberapa hari sibuk yang terjadi pada minggu pertama dan minggu ketiga setiap bulan dimana terkadang antrian terjadi di luar kapasitas. Bahkan sering sekali kita meninggalkan antrian karena mereka merasa terlalu lama menunggu.

  1. Metode :
    1. Wawancara dengan mewawancarai salah satu pegawai bank tersebut.
    2. Observasi dengan mendatangi objek yang bersangkutan secara langsung.
    3. Penulis menggunakan metode Analisis antrian metode Multi Single Chanel Phase.
    4. Manfaat Penelitian

Bagi bank adalah untuk mengetahui seberapa efektif tingkat pelayanan teller di cabang Pasar Minggu dengan menggunakan jumlah loket yang ada sampai saat ini, karena hal ini sangat berkaiyan dalam hal pemenuhan tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan bank BRI.

Bagi penulis adalah untuk memperkaya wawasan penulis di bidang ilmiah

Masalah

Untuk mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan nasabah selama di dalam bank, baik sewaktu dilayani maupun sewaktu nasabah menunggu untuk dilayani pada jam sibuk dan jam biasa serta jumlah loket yang optimal yang harus disediakan ileh pihak bank.

Tujuan

  1. Untuk mengetahui waktu tunggu dalam antrian dan waktu pelayanan.
  2. Untuk menentukan jumlah teller yang optimal untuk beroperasi pada jam sibuk dan jam biasa.

 

 

Judul : ANALISIS ANTRIAN NASABAH PADA BANK MANDIRI KANTOR UNIT JATIBENING BEKASI

Nama Pengarang : Andri Yanto Kurniawan

Tahun : 2011

Tema : Antrian

 

Latar Belakang Masalah

  1. Fenomena :

Persaingan bisnis di dunia perbankan sudah semakin ketat khususnya persaingan dalam bank swasta. Oleh karena sebab itu bank swasta harus selalu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan untuk menarik banyak nasabah. Selain memberikan kemudahan dan memperbanyak penawaran produk perbankan, bank juga harus memberikan kemudahan dalam bertransaksi kepada nasabahnya. Khususnya pada saat para nasabah melakukan penyetoran dan penarikan uang. Pada saat itu sering terjadi antrian yang sangat panjang terlebih bila bank yang bersangkutan mempunyai nasabah yang banyak dan tidak didukung oleh system transaksi melalui ATM atau online. Antrian yang sangat panjang sangat mengecewakan dan membosankan bagi para nasabah,hal ini juga dapat mempengaruhi citra nasabah terhadap bank tersebut.

  1. Metode :
    1. Lapangan dengan mendatangi objek yang bersangkutan untuk mendapatkan data-data yang diperlukan.
    2. Wawancara yaitu dengan mendatangi dan memberikan pertanyaan kepada salah satu karyawan khususnya satpam dan karyawan bagian loket
    3. Manfaat Penelitian
      1. Manfaat akademis untuk dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi proses antrian yang terjadi dan apakah perlu penambahan fasilitas pada bank Mandiri kantor unit Jatibening Bekasi.
      2. Manfaat praktis memperbaiki pelayanan pada kasir bank Mandiri Jatibening Bekasi.

Masalah

  1. Berapa jumlah kedatangan nasabah bank Mandiri kantor unit Jatibening Beksai.
  2. Berapa besar waktu mengatur atau seberapa maksimalkah pelayanan bagi semua loket bank Mandiri kantor unit Jatibening Bekasi.

Tujuan

  1. Untuk menganalisis antrin pada kasir bank.
  2. Untuk menentukan jumlah kasir yang sebaiknya dioperasikan pada hari sibuk yaitu hari senin sampai jumat. Hari sibuk tanggal 1 – 15 pada awal bulan dan hari tidak sibuk 16 – 30 akhir bulan.

Judul :  ANALISIS ANTRIAN NASABAH BANK MANDIRI CABANG TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA

Nama Pengarang :  Farah Hasanah

Tahun : 2011

Tema : Antrian

 

Latar Belakang Masalah

  1. Fenomena :

Suatu antrian dalam system jasa pelayanan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari apalagi seperti kota Jakarta yang biasa kita lihat suatu antrian panjang ada diman-mana. Hal ini dapat disebabkan oleh relative terbatasnya sumber daya yang sebagian besar beroperasi dalam system jasa,ekonomi,dunia usaha. Antrian yang panjang dan juga lama dalam mendapatkan giliran layanan jasa tersebut memang membuat kita bosan dan sangat menyebalkan dalam menunggunya.

  1. Metode :
    1. Studi pustaka : penulisan ilmiah dilakukan dengan menggali data-data yang berasal dari buku-buku maupun tulisan-tulisan yang berkaitan dengan pokok masalah.
    2. Studi lapangan : penulis melakukan pengumpulan data dan peninjauan langsung.

Manfaat Penelitian

Untuk menambah wawasan dan bahan perbandingan bagi peneliti selanjutnya

Masalah

Proses antrian yang terjadi pada bank Mandiri untuk menentukan jumlah loket optimal yang sedang dioperasikan pada setiap hari kerja

Tujuan

  1. Untuk menganalisi antrian yang terjadi pada loket – loket tersebut.
  2. Untuk menentukan jumlah loket yang harus dioperasikannya setiap hari kerja serta untuk mengetahui perbedaan biaya  yang dilakukan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: