Pendahuluan

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Fenomena :

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata antrian apalagi seperti di kota Jakarta sudah bukan merupakan hal yang aneh lagi, bahkan kita juga merupakan bagian dari antrian tersebut. Antrian yang panjang dan juga lama dalam mendapatkan giliran dalam pelayanan jasa memang membuat kita bosan dan sangat menyebalkan dalam menunggunya. Pasti semua orang sangat tidak suka menunggu. Bahkan sering sekali kita meninggalkan antrian karena mereka merasa terlalu lama menunggu. Hal ini dapat disebabkan oleh terbatasnya sumber daya yang sebagian besar beroperasi dalam sistem jasa, ekonomi, dunia usaha, dan lain – lain.

Di Indonesia banyak berdiri bank baik itu bank swasta maupun bank milik pemerintah. Oleh karena itu setiap bank harus memiliki nilai plus sehingga para nasabah dapat memilih bank tersebut dalam melakukan transaksi perbankan salah satunya dengan memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan. Pada bank terdapat beberapa hari sibuk yang terjadi pada minggu pertama dan minggu ketiga setiap bulan dimana terkadang antrian terjadi di luar kapasitas khususnya pada saat melakukan penyetoran dan penarikan uang.

Salah satu bank swasta yang sangat berkembang dengan pesat sekarang ini adalah Bank Mandiri. Banyak cabang – cabang dari Bank Mandiri yang didirikan untuk membantu para nasabah dalam melakukan kegiatan perbankan salah satunya adalah Bank Mandiri Cabang Harapan Indah. Oleh karena banyak masalah yang terjadi dalam hal antrian maka penulis mencoba mengambil judul dari penelitian ini dengan judul “ANALISIS ANTRIAN NASABAH PADA BANK MANDIRI CABANG HARAPAN INDAH BEKASI “

Riset Terdahulu :

Dalam penelitian sebelumnya terdapat faktor – faktor yang menyebabkan munculnya antrian yang sangat panjang pada bank menurut Achmad Ibni (2008) adalah sedikitnya teller yang tersedia lalu menurut Andri Yanto Kurniawan (2011) adalah kurangnya optimalnya loket yang tersedia sedangkan menurut Farah Hasanah (2011) adalah sedikitnya teller yang tersedia di Bank Mandiri tersebut.

Motivasi penelitian :

Berdasarkan fenomena dan riset terdahulu dari Achmad Ibni (2008), Andri Yanto Kurniawan (2011), Farah Hasanah (2011) serta rekomendasi penelitian langkah dari Achmad Ibni (2008), Andri Yanto Kurniawan (2011), Farah Hasanah (2011) maka penulis mendapatkan motivasi penelitian untuk mengetahui hal yang menyebabkan terjadinya antrian pada Bank Mandiri apakah karena kurang optimalnya loket yang tersedia atau sedikitnya teller yang tersedia pada Bank Mandiri ataukah ada hal lain dibalik penelitian dan rekomendasi tersebut.

Masalah :

Dari uraian di atas maka permasalahan permasalahan yang dapat di rumuskan adalah  sebagai berikut : sudah optimalkah loket yang ada untuk melayani nasabah? Apabila belum berapakah loket yang diperlukan agar tidak terjadi antrian yang lama bagi nasabah?

 

Tujuan Penelitian :

  1. Bagi Penulis

Untuk menerapkan ilmu mengenai teori antrian yang dipelajari selama kuliah.

  1. Bagi Bank Mandiri

Memberikan gambaran mengenai kinerja teller yang optimal yang haus dipekerjakan agar tidak terjadi ketidakpuasan nasabah dalam hal antrian yang lama.

  1. Bagi Pihak Lain

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi para pembaca.

Sumber :

Nama Pengarang : Achmad Ibni, Judul : ANALISIS ANTRIAN PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG PASAR MINGGU, Tahun : 2008

Nama Pengarang : Andri Yanto Kurniawan, Judul : ANALISIS ANTRIAN NASABAH PADA BANK MANDIRI KANTOR UNIT JATIBENING BEKASI, Tahun : 2011

Nama Pengarang :  Farah Hasanah, Judul :  ANALISIS ANTRIAN NASABAH BANK MANDIRI CABANG TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA, Tahun : 2011

 

Pak Prihantoro

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: