BAB V SIMPULAN DAN SARAN

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN

A.  Simpulan

Berdasarkan uraian-uraian dan analisis-analisis hasil penelitian yang telah  dikemukakan pada bab-bab terdahulu yang jika dikaitkan dengan perumusan  permasalahan, maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut.

1. Bahwa kondisi layanan yang diberikan Bank Mandiri Cabang Harapan Indah, kepada nasabahnya menurut para responden sudah memuaskan. Hal ini didapat berdasarkan hasil analisis rentang kriteria atas kondisi layanan secara keseluruhan yang didalam analisis rentang kriteria sudah berdasarkan atas lima dimensi servqual. Skor analisis rentang kriteria yang

didapat adalah sebesar 10524, pada rentang kriteria berada pada skor 9351 sampai dengan 11550.

2. Bank Mandiri Cabang Harapan Indah dalam menjalankan kegiatan operasionalnya benar-benar menerapakan konsep kualitas pelayanan, hal tersebut di buktikan dengan respon dari para nasabahnya dengan sangat baik. Hal ini tentunya harus terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi kedepannya sehingga kesetiaan antara nasabah terhadap banknya dapat terus terjalin dengan baik.

3. Pada kondisi sistem antrian yang diterapkan oleh Bank Mandiri Cabang Harapan Indah, dapat diketahui beberapa hal, yaitu

•Tingkat kesibukkan yang dihadapi oleh teller Bank Mandiri Cabang Harapan Indah Jika dirata-ratakan dalam sehari adalah sebesar 71.88%. kondisi dalam bekerja mereka masih dalam kondisi ideal, karena waktu sibuk yang ideal bagi seorang pekerja adalah 70% dari total jam kerja perharinya, sehingga seharusnya dalam memberikan layanan, dari awal jam operasional hingga jam akhir operasional kualitas pelayanannya yang diberikan dapat diberikan dengan baik kepada parta nasabahnya.

•Panjang antrian pada setiap kondisinya berbeda-beda, tetapi pada  kondisi keempat panjang antrian mencapai 6 orang yaitu lebih banyak dua hingga tiga kali panjang antrian pada kondisi kedua dan pertama.

•Waktu menunggu yang diharapkan oleh nasabah, yaitu sekitar 8,12  menit. Maka jika berdasarkan hasil tersebut maka taraf pelayanan yang diberikan oleh Bank Mandiri Cabang Harapan Indah, masih dalam kondisi yang ideal, karena waktu pada kondisi keempat hanya sekitar 8.31 menit. Bank Mandiri Cabang Harapan Indah dituntut untuk dapat memperbaiki kekurangan tersebut, agar  nasabah yang datang dapat benar-benar merasakan pelayanan yang memuaskan.

•Berdasarkan data yang didapat kepadatan nasabah terjadi pada  kondisi pertama dan kondisi keempat. Kepadatan terjadi karena  jumlah nasabah yang datang tetapi tidak sebanding dengan jumlah fasilitas layanan yang ada sehingga yang terjadi adalah nasabah terpaksa menunggu dan antrian pun semakin panjang.

4. Bank Mandiri Cabang Harapan Indah,          berdasarkan                          perhitungan dengan  menggunakan Biaya Minimum dalam hal jumlah fasilitas pelayanan, dengan menggunakan 2 teller dirasakan sudah cukup, karena dengan waktu 2,4 menit, target pelayanan pelanggan yang diinginkan masih dapat tercapai. Jika menggunakan lebih dari dua teller perbandingan biaya yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri Cabang Harapan Indah untuk operasional adalah cukup besar jika dibandingkan tetap menggunakan dua teller, maka biaya penambahan layanan dapat menyebabkan keuntungan berada di bawah taraf yang dapat diterima.

 B.  Saran Hasil Penelitian

Berdasarkan kesimpulan diatas dan berdasarkan pengamatan langsung  peneliti dalam melakukan observasi, maka dapat dikemukakan beberapa saran yang  kiranya dapat bermanfaat bagi Bank Mandiri Cabang Harapan Indah, yaitu:

1. Dalam pengelolaan sistem antrian sebaiknya Bank Mandiri Cabang Harapan Indah, menggunakan sistem nomer. Dengan menggunakan sistem nomer, nasabah yang datang walaupun mesti menunggu untuk mendapatkan pelayanan tidak perlu merasa kelelahan dengan berdiri. Dengan menggunakan sistem nomer suasana bank pun akan terlihat lebih teratur dan kondusif. Bandingkan jika pada saat nasabah yang datang banyak dan nasabah berdiri, suasana bank pun akan terlihat sangat tidak kondusif, sesak dan bisa jadi tidak teratur, hal tersebut dapat menyebabkan kepuasan nasabah dalam menerima pelayanan akan berkurang, tentunya Bank Mandiri Cabang Harapan Indah, tidak menginginkan hal tersebut terjadi.

2. Berdasarkan hasil pengamatan langsung dilapangan, suhu didalam ruangan  bank dirasakan masih belum optimal. Jika jumlah nasabah yang datang banyak suhu pun akan berubah menjadi sedikit panas. Pengoptimalan kinerja Air Conditioner dapat meningkatkan tingkat kenyamanan para nasabahnya.

3. Bank Mandiri Cabang Harapan Indah mempromosikan lagi produk-produk tentang Electronik Banking yang dimiliki oleh Bank Mandiri Cabang Harapan Indah. Dengan pelayanan itu mereka dapat melakukan kapan saja dan dimana saja, jadi mereka tidak perlu mengantri lama untuk mendapatkan pelayanan. Bank Mandiri Cabang Harapan Indah sebaiknya dapat memberikan saran-saran, kepastian dan jaminan keamanan kepada nasabahnya bahwa produk-produk Electronik Banking mereka patut untuk di coba dan digunakan dan juga keuntunggan-keuntunggan yang didapat pun juga cukup banyak, dengan begitu nasabah-nasabah pun pada akhirnya terdorong untuk menggunakan produk-produk Electronik Banking.


 4. Agar dapat mengurangi kepadatan jumlah nasabah, khususnya pada-pada  akhir bulan, Bank Mandiri Cabang Harapan Indah, harus terus  mengingatkan,          menginformasikan         dan mengumumkan kepada          para nasabahnya agar dalam melakukan pembayaran-pembayaran seperti pajak, telpon dan listrik sebaiknya dilakukan lebih awal dari biasanya atau sebaiknya dipertengahan bulan agar nasabah tidak perlu lama dalam menunggu.

5. Bank Mandiri Cabang Harapan Indah, perlu melakukan perbaikan  kinerja operasionalnya, khususnya pada kondisi keempat, yang pada kondisi tersebut jumlah kepadatan nasabah yang datang bisa dua hingga tiga kali lipat dari kondisi-kondisi lainya. Perbaikan sangat diperlukan agar pelayanan yang diberiakan tetap optimal kenyamanan dan kepuasan nasabah dalam hal pelayanan yang memuaskan tercapai.

6. Sistem pelayanan yang dilakukan Bank Mandiri Cabang Harapan Indah, yakni dengan sistem kekeluargaan dan keakraban yang selama ini telah dilakukan harus terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: