Tugas Softskill 2

ETIKA DALAM BERMUSIK

Industri musik di Indonesia semakin hari semakin berkembang, hal ini terlihat dari banyaknya band – band baru yang bermunculan. Tetapi kebanyakan band – band tersebut hanya “ numpang lewat “ dalam industri musik Indonesia. Hal ini terjadi karena kurangnya managemen yang baik dari band tersebut ataupun banyak juga band – band yang tidak memperhatikan berbagai macam kode etik dalam bermusik sehingga yang terjadi hanyalah band asal jadi saja. Seharusnya band – band di Indonesia sebelum tampil ke hadapan publik Indonesia terlebih dahulu berkaca akan kemampuan bandnya tersebut. Apakah sudah pantas untuk tampil ke hadapan publik atau belum, jangan hanya mengandalkan wajah ataupun mengandalkan uang saja tetapi harus memiliki skill.

Masyarakat Indonesia pun banyak juga yang tidak menghargai hasil karya orang lain dalam hal ini adalah band baru. Banyak masyarakat yang lebih senang menghina daripada melihat trlebih dahulu hasil karya orang lain.

Hal yang paling penting dalam etika bermusik adalah hindari yng namanya penjiplakan atas sebuah lagu dan harus selalu memperhatikan yang namany HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual)

Saya akan menganalisis Platinoem Band:

Platinoem Band

Platinoem Band berformasikan 5 mahasiswa yang berprestasi di bidang akademisi yang mendapatkan beasiswa penuh dari salah satu Universitas Swasta terkemuka yang menyandang peringkat 5 secara nasional di Indonesia, sungguh hal yang sangat unik dan keberuntungan yang sangat luar biasa bagi para personil Platinoem yang tak hanya beasiswa yang diraih, ternyata juga mendapatkan dukungan penuh dari kampusnya dalam hal bermusik hingga mewujudkan mimpi kebanyakkan para musisi untuk melahirkan sebuah karya album, dengan judul yang sama dengan nama kelompok musiknya yaitu Platinoem.

Jika saya menjadi manager band itu, saya akan :

a. Mempromosikan lagu band tersebut ke dalam berbagai media seperti ke dalam radio, televisi, media sosial (facebook, twitter, youtube, dll), tampil dalam pentas seni di sekolah – sekolah ataupun universitas – universitas.

b. Mengembangkan band tersebut dengan mengikutsertakan ke dalam lomba band yang ada di Indonesia seperti L.A Lights Indiefest, mengajak musisi yang sudah terkenal untuk melakukan kolaborasi, serta band ini harus memiliki ciri khas tersendiri yang belum dimiliki oleh band lainnya agar mudah di ingat oleh masyarakat.

c. Bila lagu – lagunya sudah bosan di dengar maka sebaiknya melakukan terobosan baru seperti mengikuti genre musik yang sedang booming tetapi jangan sampai keluar dari genre musik yang sudah menjadi ciri khas band tersebut.

d. Tanggapan saya tentang band ini adalah band ini harus memiliki ciri khas tersendiri dalam bemusik, karena genre musiknya sudah banyak dimiliki oleh band – band kebanyakan yang ada di Indonesia. Lebih baik band ini menyanyikan lagu yang merupakan hasil karyanya sendiri, apabila membawakan lagu yang sudah dinyanyikan oleh orang lain tetapi kita menyayikannya tidak lebih bagus dari penyanyi aslinya maka akan gagal total usaha kita, oleh karena itu lebih baik membawakan lagu ciptaan sendiri. Video clip dan lagu ciptaanya  tidak melanggar etika bermusik.

Band – band di Indonesia sudah banyak yang bermunculan, jadi band ini harus bisa tetap eksis apabila ingin tetap berada di industri musik indonesia sehingga tidak menjadi band yang hanya “numpang lewat” saja. Harus gencar dalam melakukan promosi agar bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: