Faktor Penyebab Banjiiiiiiiir

20130117_Jakarta_Terendam_Banjir_9006

Banjir di Jakarta bukan hal yang aneh lagi di telinga masyarakat Indonesia, setiap warga negara di Indonesia pasti tahu bahwa Jakarta itu selalu banjir jika terjadi musim hujan. Semakin lama persoalan tentang banjir di Jakarta semakin sulit untuk diatasi malahan semakin parah.

Pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi banjir di Ibukota tersebut seperti dengan membangun banjir kanal barat dan banjir kanal timur. Tetapi masih saja blm bisa mengatasi banjir sepenuhnya. Hal ini terlihat pada tanggal 17 Januari 2013, terjadi banjir yang sangat parah melanda sebagian besar kota-kota di Jakarta sehingga Jakarta bisa dikatakan lumpuh pada hari itu.

Masyarakat pasti selalu bertanya “Apa sih faktor-faktor yang dapat menyebabkan banjir?” Banyak faktor-faktor yang dapat menyebabkan banjir tetapi menurut saya sendiri hal yang paling pertama kali dilakukan oleh masyarakat adalah kesadaran diri dari masyarakat itu sendiri. Jika setiap masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi maka banjir dapat dicegah. Sebagai contoh kecil adalah membuang sampah pada tempatnya. Lihat saja saluran air yang ada di Indonesia, semuanya pasti ada sampahnya. Sampahnya pun tidak sedikit melainkan banyak, bahkan sampahnya sampai-sampai menutupi seluruh saluran air tersebut yang menghambat aliran air tersebut dan sampah-sampah tersebut juga dapat mengendap di bawah saluran air. Contoh lainnya adalah masyarakat yang banyak mendirikan bangunan di sekitar tempat aliran air seperti sungai serta menyalahgunakan tempat-tempat yang berfungsi sebagai temapat resapan air, hal ini dapat menyebabkan penyempitan aliran air tersebut sehingga saluran aitr tersebut tidak dapat menampung air sebagaimana mestinya. Hal-hal diatas merupakan contoh-contoh penyebab banjir yang terjadi. Oleh karena itu masyarakat harus memiliki kesadaran yang sangat tinggi untuk dapat mencegah banjir dengan tidak membuang sampah sembarangan serta tidak menyalahgunakan tempat-tempat yang merupakan tempat serapan air. Semoga banjir di Jakarta bisa mendapatkan jalan keluarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: